Kamis, 24 Februari 2011

Bidan, Penulis, Entrepreneur (2)

Originally created by Fu

Assalamu’alaykum wr wb....
Senang menyapa semuanya.... ^^, mau nyetor terusan notes kemarin nih, agak panjang juga, jadi semoga senantiasa sabar ya... selain itu sediain cemilan lagih, biar nggak bosen. Insya Allah teuteup seruuu... (notes fu kan emang seru-seru, alah mulai narsisnya, PLAK!) Let’s cek id dot...

Apa yang telah dan HARUS saya lakukan?

Tetapkan harga sesuai kemampuan target pasar!
Untuk coklat praline, harga yang saya tawarkan memang tidaklah terlalu mahal ditambah keuntungan yang didapat pun Alhamdulillah kurang lebih 50%. Soalnya di Majalengka sendiri, coklat praline ini belum terlalu booming, dan kalaupun ada mungkin berbahan coklat yang bukan kualitas baik. Untuk usaha ini, saya pake compound collata (upss..sebut merk!), secara ini coklat emang enak beeeud. Emang, harga itu gak mungkin boong! Jadi, tidak pernah ada yang protes mengenai harga praline yang saya tetapkan, bahkan kebanyakan jadi rebutan, hehe... Kualitas emang menentukan harga, tapi kita juga harus punya strategi dalam menentukan harga! ^^,

Hal itu saya alami saat pertama kali memasarkan muffin. Saya sebenernya agak sesek harus menjualnya dengan harga Rp. 2000, soalnya harga pasaran kalau di kota ajah minimal Rp. 3000, itupun yang biasa. Saat saya mencoba blog walking pun, ya minimal harganya sekitar segitu. Terlebih lagi, soalnya pas awal saya pake tepung muffin jadi, yang emang lebih mahil, belum lagi bahan-bahan lainnya pake yang kualitas bagus semua, (bermerk lah boleh dibilang, soalnya gak mau mengecewakan, begimanapun yang namanya harga mah gak akan boong, hehe...) Nah, pas hari selanjutnya, tepung muffin abis, so saya bersikeras nyari resep muffin yang didapet dari campuran sendiri. Finally, gotcha.... hasilnya juga lebih enak, biaya produksi lebih ringan, dan untungnya bisa lebih dibanding yang pas pertama (pake tepung jadi).

Saya sempat bingung waktu ada yang nanya berapa harga cake berupa tart atau bolu gulung saya tetapkan. Aselinya, ini bisa sangat beragam, tergantung ukuran, jenis feeling, jenis hiasan, dan sebagainya. Kalau jenis kualitas bahan tidak pernah saya ubah, harus yang baik tentunya. ^^, Jadi, saat ada yang ingin pesan cake seperti kemarin misalnya, saya bilang, “Gini aja, budgetnya berapa, insya Allah saya buatin sesuai itu, baik itu soal ukuran dan hiasan. Kalau soal rasa, insya Allah percayakan saja!” Dan dengan sistem seperti itu, Alhamdulillah lebih banyak yang pesan.

Untuk persenan keuntungan sebenarnya saya tidak menetapkan harus segini persennya, soalnya beda-beda di masing-masing produk. Tapi alhamdulillah sejauh ini selalu untung, gak rugi, hehe... Saya udah pernah bilang kan, kalau soal seperti ini saya udah dibiasakan kayak "emak-emak" (maksud lhoooo???). Ya maksutnya udah lama banged saya tuh selalu me-list pemasukan dan pengeluaran saya secara rnci di buku agenda setiap harinya. Ya, setiap hari! Rinci beeud, dari jenis pengeluaran sampe merk, jadi biar gak kebablasan. Makanya kalau soal yang begini juga saya rinci banget, perhitungan abis, jadinya semuanya bisa diperhitungkan dengan baik. (Cieeee... prikitiw, haa... PLAK!)

Harus terus berkreasi dan modifikasi!
Kita harus tahu selera pasar apa. Jangan itu-ituuu mulu. Misal ni ya, saya jadinya ngeuh, kalau orang-orang Majalengka lebih suka COKLAT Aseli. Jadi muffin coklat lebih jadi favorit, coklat praline darking chocolate lebih banyak terjual, cookies hias rasa coklat lebih disukai, cake coklat juga lebih menarik buat dipesan. Namun, selain itu juga kita harus pinter buat modif! Misal ni ya untuk muffin, setelah tahu bahan dasar, gampang ajah buat memodif rasa mah, bisa jadi coconut vanilla with white chocolate (teutep ada coklatnya, ;p), strawberry mocca with strawberry chocolate (teuteup coklat), grape blue berry with white cocolate, cheese vanilla, dan banyak lagih... Biar gak bosen, Hehe... ^^, Coklat praline juga bisa dimodif dengan menambah feeling pake mede, almond, aneka selai buah, atau juga mewarnai praline dengan warna-warna pelangi. So, nggak putih sama coklat doang warnanya, hehe...

Karena saya suka banget sama suatu hal yang baru, makanya modif-modifan itu amatlah menyenangkan buat saya.  Berkreasi juga menyenangkan. Sekarang ini saya lagi konsen banget buat pingin belajar (pingin banget bisaaaa!) hias menghias cookies dan cake. Waah, saya harus beli buku-bukunya nih, ;p soalnya di internet gak terlalu dijelasin runut, eung. Yang kek beginian emang lebih enak baca di buku, hehe... Meskipun saya gak bisa sama sekali melukis (aselinya, soal kek beginian katanya sama kek melukis, tapi sejak kecil nilai menggambar saya gak jelek-jelek amat kok, soalnya ya karena saya visual banget, jadi kalau meniru itu easy for me, hahay, PLAK! Laganyaaa... ;p)

Saya sebenernya harus memikirkan untuk gak itu-itu ajah setiap harinya. Takutnya malah kebosanan. Makanya, kemarin juga pernah diselingi dengan jenis kue lain kaya bolu kukus. Hohow... Rencananya juga ke depannya insya Allah, akan nyoba yang baru lagi, seperti kue dorayaki dan juga pukis. Huhu... belum bisa mulai soalnya belum punya cetakannya, hehe... udah sering bikin buat santapan keluarga tapi gak pernah pake cetakan, di teplon yang ada ajah, dengan resep dan rasa dorayaki atau pukis. Hehe... ^^,

: bolu kukus mekar, teteup karena suka warna ungu, jadi pake pasta grape. Ditambah orange, karena pas lagi bikin baru ajah ngeliat istrinya UJ yang cantik banget pake paduan gamis dan jilbab ungu-orange. Match abis! Hehe...

Selain kreasi dan modif resep, saya juga nerima buat kreasi pengemasan pesanan. Soalnya kemaren-kemaren juga ada yang pengen dibungkusin juga buat hantaran, hehe... Nah jasa seperti ini pula yang membuat media promosi mempunya nilai lebih (ceileeee... lebay! Haha...)

: contoh pengemasan coklat praline pesanan. (Otodidak, cuma pernah liatin temen ajah dulu.. hehe...)


Tidak berhenti belajar!
Aselinya saya hanya mengandalkan kenekatan saya mengenai hal ini. Saya hanya merasa punya “kesenangan” untuk menggelutinya. Karena kata para bakuler bilang bahwa hal yang paling penting dalam membuat cake itu adalah hatinya dulu, senang atau tidak. Dan memang terbukti, saat hati saya sedang gak bagus, eh hasil kuenya malah aneh. Hehe... selain kenekatan, tentunya saya harus berusaha untuk tetap belajar dan belajar. Darimana? Inginnya sih saya ikut pelatihan, workshop, atau sebagainya mengenai baking dan caking inih, tapi kapan dan dimana? Terlebih lagi kalau di Majalengka mah boro-boro ada yang beginian, kalau di Bandung saya belum terlalu tahu ada dimana. Kalau saya blog walking pun kebanyakan adanya di Jakarta. Huhu... tapi saya gak kehabisan akal, saya mencoba memanfaatkan kemampuan “penangkapan” saya yang cenderung VISUAL ini. Ya apalagi dengan blog walking para bakuler yang hobby baking, terus juga ngumpulin buku-buku yang ada hubungannya ma kue, menghias kue, resep-resep kue, pokoknyaaa kueee... ;p Terutama blogwalking, saya punya blog-blog andalan para ibu muda yang jagooo bikin kue, terus diceritain dengan runut cara bikinnya, walhasil lebih mudah buat niruuu. Jadi, saya lebih suka blogwalking, hehe... ;p

Saya juga gak mau ngalah kalau misalnya hasil kuenya gak sesuai, langsung deh saya search di si abah google mengenai keluhannya, emang membantu banget dah, hehe... Langsung deh banyak bermunculan jawabannya. Dengan ekspresi, “ohhhhhhhhh... jadi gini!” dari saya. Tapi hasil kue saya yang gagal itu tetep enak buat jadi konsumsi keluarga, haha... emang bener kalau ada yang bilang, “Segagal-gagalnya kue, pasti mesi bisa dimakan!” Dan Alhamdulillah, maksimal saya cuma dua kali gagal di tiap percobaan baru (ilmuwaaan kaliiii.... ehhee... PLAK!) dan setelah itu berhasil, mulus! Lalu coba resep baru buat gagal lagih, (Gak semua dink, seringnya langsung jadi dan berhasil kok, ;p Ngelesdotcooom...)

Setiap saya nyoba bikin sesuatu yang baru, maka saya memerlukan taster tentunya. Dan selain keluarga saya, saudara saya yang rumahnya cukup berdekatan, serta beberapa tetangga adalah taster saya. Hehe... Seneng banget bisa berbagi, apalagi kalau ternyata emang enak hasilnya, hehe... Seperti kemaren, saya sempat bikin puding, sebagai alternatif jenis produk baru. Semuanya sukaaaa, soalnya si pudingnya lembuuuutt beud, hehe... Yang puding ini baru mau mulai nanti besok penjualannya. ^^,

: ini puding tofu coklat dengan strawberry vla, lembuuutt beud... ^^,

Perluas target marketing!
Bagaimana prosesnya? Seperti saya ceritakan sebelumnya bahwa saat ini saya punya agen-agen. Hehe, sebutan khusus saya buat para distributor (alah...alah istilahnyaaa...) Agen utama sih baru ada dua orang, yaitu adik saya yang pertama, (yang kedua mah belum maueun) dia itu semangat banget buat bantu tetehnya ini. Ya secara entar hasilnya buat dia juga hehe... lalu agen utama kedua adalah sepupu saya yang juga seumuran adik saya, yaitu kelas dua SMA. Nah, dia ini juga semangat banget buat bantu, soalnya juga dia lagi punya hajat ingin membeli sesuatu. Jadi lagi semangat buat nabung katanya. Hohow, dari mereka inilah ranah promosi saya cukup berjalan. Temen-temennya udah banyak yang pesen. Hmm... saya jadi inget sistem organisasi manajemen waktu kuliah dulu, mengenai kekuatan “word of mouth” yang biasanya lebih berhasil. Sooo... kan nanti tuh temen-temennya punya ayah ibu, saudara, dan lain sebagainya. Siapa tahu kedepannya bisa pesen ke saya, hehe... ;p

Selain mereka, ada juga temennya adik saya yang sekolah di STM, perempuan juga. (Saya wanita, jadi harus memberdayakan wanita, haha istilahnya.... PLAK!) Dia juga orangnya “mau-an”, jadi enak diajak kerjasamanya. Hohow, dari dia juga pesanan dan promosi cukup memuaskan. Hehe... Papa juga ikut bantu dengan sedikit-sedikit ambil beberapa muffin buat dititipin di kantin di puskesmas. Kalau mama mah belum mau, soalnya katanya gak ada yang jualan yang bisa dititipin. Hmm.. jadinya kalau ke si mamah mah nanti saja kalau udah ada brosur tetap. Pengen sih nambah agen lagi, terutama ngambilin dari tiap sekolah yang ada di Majalengka, tapi yaaa saya kan angkatan jadul, jadi gak kenal sama anak-anak yang sekarang. Hehe... tapi lagi diusahakan juga sih, Bismillah.... doakan yaa... ;p

Terus promosi!!!
Kadang saya suka dikomenin sama mamah dan papah yang ngeliatin aktifitas anaknya seharian didepan oven. Haha... Selain pesanan, saya juga sering iseng bikin kue-kue baru terus ngehiasnya, tanpa tahu siapa yang mau makan. Sekeluarga mpe bosen makan yang manis-manis mulu tiap hari. (maaf yaaa... ^^,) Tapi, ya saya bilang tadi, bahwa harus terus menerus belajar dan gak takut buat nyoba. Nah, ini juga bisa jadi ajang promosi saya, misalnya saat saya mencoba buat cookies dan menghiasnya, saya kasihin ke para agen saya terus nyuruh mereka buat promosi ke temen-temennya. Dan, look! Cara ini cukup berhasil! Emang ya, kadang-kadang orang juga gak bisa cuma liat di kertas doang, tapi pingin liat contoh aselinya, hehe...

Cara saya promosi juga dengan ngasihin cookies atau kue itu ke beberapa anak kecil yang ada di sekitar rumah secara gratis! Itu saya lakukan kemarin, dan dengan hasil berebutan, bahkan sampai nangis-nangisan saking pengennya. (Maaf ya De, teteh buatnya terbatas! Huhu, kamu sih Fu!) I really love it, selain saya sendiri merasa puas atas hasil hiasan cookies saya, bisa nyenengin anak-anak kecil di sekitar rumah, sekalian untuk sodaqoh juga (^^, hehe...), juga bisa buat ajang promosi. Siapa tahu nanti kalau misalnya ada yang mau ultah atau acara anak lainnya pada pesen, ;p (teuteeeuuupp promosi, haruslah, kan entrepreneur, ceileeee... gaya! PLAK!)

Media promosi saya saat ini terhambat di masih sempitnya jangkauan pemasaran. Hal ini juga dilatarbelakangi karena masih belum PEDE nya saya buat promosi lebih dari wilayah temen-temen adik saya, temen-temen mama papa, juga lingkungan sekitar rumah. Nah, kenapa bisa begitu? Alasannya adalah saya belum punya poto-poto hasil karya saya yang bagusnya, juga belum mengerjakan produk-produk saya secara keseluruhan. Jadi, pesanan-pesanan awal itu akan saya manfaatkan dengan baik sebagai media awal, yang nantinya bisa saya pajang di brosur sebenarnya, bukan lagi punya orang potonya, hehe... Kalau soal poto, ya saya bersyukur aja dulu sekarang mah, soalnya masih pake kamera hape. (Inginnya digi cam, kan bisa lebih baguuuus, :-( nanti diusahakan deh...) Saya juga baru tahu, kalau ternyata para bakuler juga harus pinter potografi, hahay, secara saya justru gak bisa banget. (Cuma bisa narsisan pake kamera hape, itu baru JAGO! Hahay, PLAK!)

Tapi, kemarin juga udah ada yang mau bekerja sama, bareng2 promosi, meski di bidang berbeda... Hayulah nenk... ^^,  (Mohon doanya yaaa... ^^,)

Apa saja hambatan yang dialami?
Hmm... tentu yaah, usaha ini baru beud, jadi bohong banget kalau gak ada hambatan. Tapi et lis, meskipun baru hampir dua mingguan, tapi sejauh ini hambatannya masih bisa saya lalui. Yang paling penting itu adalah beban psikis, aselinya persiapan mental itu emang yang paling harus disiapkan. Harus tahan banting! Dari mulai candaan yang bikin down, keraguan yang sering kali hinggap, sampe kekhawatiran dan ketakutan tak beralasan, ex : takut GAGAL!

Kalau ada yang kek meremehkan dan meragukan niat kita, saya hanya selalu ingat bahwa gak ada orang yang bisa langsung nyengceling sukses ke atas, tanpa merasakan bagaimana kesulitan di bawah. Bahkan orang yang sudah di atas pun masih diuji Allah dengan berbagai hambatan dan masalah. Jadi kalau misal sekali saya gagal bikin kue, saya suka minta sama Allah pas abis sholat buat ditunjukkan jalan keluarnya. Walhasil alhamdulillah selalu mendapat jawaban. Saya hanya percaya bahwa kalau niat kita baik, dan selalu minta sama Allah, ya insya Allah akan berbuah seperti niat kita.

Kadang hambatan itu suka muncul dari diri kita sendiri lho! Seperti orang banyak bilang bahwa musuh terbesar kita adalah diri kita sendiri. Sooo... saya mengantisipasinya dengan berbagai hal, terus menerus berdoa sama Allah supaya nggak dibikin down, always blog walking para bakuler yang udah te-o-pe, liat acara-acara usahanya trans (aseli, ini bikin berbinar-binar, heu... PLAK!) Pokoknya cari yang bisa bikin up, cheer, dan semangat lagih! Soalnya saya eni orangnya labil abis, hehe...

Kenapa mau menggeluti entrepreneur? Ya kalau mau teoritis (alah...alah...) kan Rasul dan para sahabatnya juga berkecimpung di dunia ini. Saya jadi inget kata2 ustadz di ta’lim kemarin bahwa “Kalau mau cepet sukses, jadilah pengusaha, seperti Rasul dan para sahabatnya.” ^^, Ditambah kata mama, meskipun seorang wanita itu tidak ada kewajiban dalam mencari nafkah keluarga, namun tidak ada salahnya (dan alangkah lebih baiknya) kalau bisa membantu meskipun sedikit pemasukan saat berkeluarga nantinya, tanpa melalaikan kewajibannya sebagai seorang isteri. That’s very nice and JLEB suggest, I think, (alah...alah istilahnya... ;p) Sayah mah nyimpulin ajah, bukan berati karena bidan jadi harus di kliniiiiik ajah, (Huu, maunya... ;p), bukan berati penulis jadi depan lepppiii ajah, (paling banyak OL-nya, ;p), bukan berati jadi bakuler di depan opeeeen ajah (alah opeeen,!) So, semua bisa dijalani beriringan kan? Haha... biar gak bosen juga.. ;p (alasan!)

Kalau ada yang nanya, “Sebenernya mau jadi apa?” Ya simpel tapi tak mudah, namun bukan berarti susah, hanya untuk penggugah. Saya seorang muslim yang ingin jadi bidan yang meneladani kesabaran Fathimah, jadi penulis yang meneladani kecerdasan Aisyah, dan jadi entrepreneur meneladani kesuksesan Khadijah. Bismillah... ^^, (saya yang lagi putis nih, ;p)

: iseng-iseng hias cookies, untuk prince saya (alah...PLAK!) Tapi akhirnya diminta anak kecil yang nangis pengen cookies, hehe...

-senja yang cantik-
Februari 2011

NB : Hanya ingin berbagi, semoga bermanfaat... ^^, Just wanna say, jangan takut buat nyoba ya... insya Allah kalau diniatkan karena Allah dan kita jalani dengan “menyenangi” nya, have a fun deh pokoknyah, hehe... O iya, mohon doanya yaaa... sukses untuk semuanyaa.. Amin... ^^,


*Aa, nanti fu buatin kue yaaa... tiap hari juga boleeeeh, dengan senang hati, PLAK! ehhee..

0 komentar: