Minggu, 20 Februari 2011

Bidan, Penulis, Entrepreneur

Originally created by Fu

Assalamu’alaykum wr wb
Senang menyapa semuanya.... ^^, Catatan ini cukup panjang. Tapi insya Allah seru kok. Jadi, siapkanlah cemilan untuk menemani ya... ;p This is it, tiga peran yang sedang (ingin banget) saya jalani, insya Allah.... ^^,

Bidan
Semua orang tentunya sudah tahu kalau saya seorang bidan. Ya iyalah... orang di profile juga tercantum bahwa saya lulusan kebidanan, terlebih lagi saat ini saya berstatus bekerja di klinik sebagai bidan. So, saya tidak harus menceritakan soal ini lagi, toh saya juga sering menceritakannya di notes. I proud to be a midwive pokoknyah... hehe...

Penulis
Meskipun saya belum bisa dikatakan sebagai penulis, tapi anggaplah bahwa saya saangaaaat (saking pengennya, ;p) ingin menjadi penulis. Mungkin yang sudah tahu saya menyenangi dunia tulis menulis terlebih suka baca-baca hasil tulisan saya yang masih acak-acakan, sedikit banyak tahulah kalau saya emang ingin jadi penulis. Belajar banyak dari banyak penulis, banyak membaca berbagai buku, dan iseng-iseng mencoba menulis. Meskipun yang membaca baru itu lagi, itu lagi karena dipostingnya cuma di notes fb dan blog saja. (Hehe... merasa belum layak soalnya... ;p). Soalnya belum berani buat diajukan ke media yang lebih berwenang. (alah..istilahnya...) Terlebih still wait my first novel buat terbit. (Bismillah...) So, mohon doanya ya... I wanna be a good writer so much... ^^,

Entrepreneur
What? Apa itu? Emang bisa apaan si Fu ini? Berani-beraninya!!!
Yaps, di notes sebelumnya saya sudah ceritakan bahwa saya sedang menggeluti dunia ini. Mencoba mengembangkan hobi saya (camkan hobi! Bukan bakat! Hehe...) Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, bahwa ide “enterpreneur” ini bermula dari keisengan saya yang ngerasa, “mau sampe kapan gaji saya hanya untuk dikonsumsi ?”, dapet gaji, dipake, ludes, kerja lagi, dapet lagi, ludes lagi. Kalaupun saya tabung, rasanya aneh aja ya,kapan bisa berlipatnya kalau terus-terusan disimpen n cuma dititipin ke BANK doang? Belum tentu berkah lagi, hehe... (just on my mind!).

Lalu, ide juga tercetus karena keisengan si eni anak yang kecanduan buat liat acara-acara trans tv di siang hari, seperti jelang siang, acara kuliner, and all about acara wirausaha. Really love it! Apalagi kalau siang hari itu seringnya tidak ada pasien, jadinya waktu istirahat dipergunakan buat nonton sambil ngehayal (haha...!!! Saya emang tukang ngimpiii...) Ide itu mulai bergelora dan benar-benar saya niatkan setelah saya melihat salah satu tayangan tentang pebisnis rumahan, alias home made industry salah satu wanita muda yang sangat menginspirasi saya. Katanya, “yang namanya peluang usaha itu selalu ada, dan harus dimulai dengan hal yang kita senangi. Kalau soal modal jangan terlalu dipikirkan, yang penting ikhtiar dan kesungguhan. Satu hal lagi, jangan pernah takut untuk GAGAL!”

Setelah melihat tayangan itu, saya mikir, “Kira-kira fu bisa apa yaaa?” Syaratnya, hal itu harus disenangi, tidak mengganggu profesi, tidak memerlukan modal yang berjuta, serta bisa saya rintis di kota saya. Intinya, haruslah berhubungan dengan hobi saya, gak ganggu kerjaan saya yang jadi bidan, modalnya ndak terlalu banyak, dan bisa dikembangin di kota saya (yang akhir-akhir ini , alhamdulillah sudah mulai dikenal, meskipun gara-gara hantu! Tapi tetap kecewa karena Majalengka ndak ada di peta, huhu.... T_T) Sooo... saat saya bersemedi mendekam kurleb satu bulan sepuluh hari di klinik, akhirnya saya mutusin buat usaha “Caking” (alah istilah yang aneh!). Maksudnya, BAKING, ya something like that laaah, pokoknya yang berhubungan dengan cake dan sejenisnya.

So, kenapa harus CAKE? Alasannya banyak, saya jabarin satu persatu yaa... ;p

PERTAMA
I really love this activity!!! Dari saya kecil, saya emang paling suka buat kue. Meskipun resepnya itu-itu mulu. Cuma bedanya dulu gak terfasilitasi, soalnya mama saya orangnya gak suka yang ribet-ribet. Jadilah seadanya saja yang alat dan bahannya ada di rumah yang mama sediakan. Kadang kreatifitas saya suka ngerasa tertahan ditambah lagi di Majalengka ini susaaaaaaaah banget nyari bahan-bahan cake.  Apalagi dulu mah internet belum booming-booming banget, huhu... jadinya gak bisa blogwalking nyari resep kek sekarang. ^^, Yaaa... kesukaan saya ini entah menurun dari siapa, soalnya mama dan papa saya sama-sama gak bisa hal beginian, bahkan kalau lebaran tiba, ya sayalah yang suka riweuh bikin bolu sama kue-nya. Belum lagi kadang-kadang saudara saya juga suka pesen (gak dibisnisin, soalnya sodara, hehe...) salah satu jenis kue kering yang emang gak ditemuin di belahan manapun, soalnya resepnya dikasih dari Arab (aseli ini mah! Jangan ngetawain... ;p), ya tipe kue kering tapi teksturnya kek bolu, ditaburi wijen. Aseli wangiiii... Let’s back to topic. Pokoknya, kalau mau lebaran, saya jadi suka riweuh sendiri bikin bolu buat dikirim ke rumah nenek, bikin kue. Nah, cuma ranahnya (alah ranaaaaahhh... kek buku baruu yah.? Hihi..) ya lingkup keluarga saja. Hohow, saya baru inget bahwa mungkin saya ketularan dari almarhum nenek saya tersayang (ibunya mamah) yang aselinya pinter banget bikin makanan apa ajah (yang tradisional tapinyaa....). Nah, dari kecil saya tuh paling seneng liatin beliau masak, bikin makanan, bikin kue basah, segala macam dia bisa pokoknya. Dan, saya sudah punya ketertarikan sejak kecil. Cuma ya yang saya bilang tadi, gak berkembang karena tak terfasilitasi. Hufftt...

Kenapa saat ini saya berani buat caking? Ya soalnya saya merasa itu adalah suatu kesenangan. Saya emang gak pinter bikin kue. Tapi, saya seneng blog walking para bakuler, alias ibu-ibu muda yang punya usaha home made industry di bidang baking, cooking, caking, puding, (Lho!) ya something like that laaah... Mereka itu inspiratif banget. Dan saya selalu yakin bahwa “TIDAK ADA HAL YANG TIDAK BISA KITA PELAJARI!”. Mungkin karena sifat “Sok Ingin tahu” saya yang emang sudah mengakar, maka saya yakin kalau apapun bisa kita pelajari asal kita mau, asal kita sungguh-sungguh, dan asal kita niat dengan betul. Saya selalu ingat ucapan adik pertama saya, “Teteh, kenapa hobi teteh yang suka masak dan bikin kue itu gak dikembangin ajah?” Dulu, ungkapan itu saya balas dengan tawa dan candaan, “Ah... kamu mah, ini mah hanya kesenangan ajah!” Tapi, saat ini justru itu memacu saya buat bisa mengembangkannya, “Orang lain saja percaya kalau kamu bisa, kenapa kamu nggak?” (saya lagi optimis ya begituh... kalau lagi pesimis mah... eits, jangan sampe sekarang maaah.... ;p)

KEDUA
Aktifitas ini tidak mengganggu jam kerja saya. Ya, insya Allah kedepannya jadwal kerja saya itu heuleut satu minggu. Jadi, kerja di klinik buat jadi bidan satu minggu, satu minggu lagi jadi pengangguran di rumah yang hobinya nge-cake, nge-kutu buku, nge-nulis, nge-online, (Alaaaaahh istilahnya, biar yaaa... biar bahasanya Fu banget gitu lho! Wkwkwk... ;p) So... yang namanya nge-cake inih sama sekali tidak mengganggu aktifitas dan hobi saya yang lain. Jadi bidan mesi bisaaaa, jadi pengangguran mesi bisaaaa, jadi ART (Anak Rumah Tangga gitu lhooo, hahay PLAK! Istilahnya...), jadi penulis mesi bisaaa (Ceileeee...), jadi penjamah buku pun mesi bisaaa. Soalnya terutama si nge-cake inih adalah aktifitas yang tidak membutuhkan waktu lama (apalagi klu udah tahu resep, trik dan tipsnya, aselinya bentar beeeuuud, nyenengin lagiiihh...). Dan juga pengerjaannya sesuai pesanan juga kaan? Hehehe... ;p

KETIGA
Tidak memerlukan modal banyak. Yaps, seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya bahwa usaha nge-cake inih bisa dirintis dengan modal yang gak usah banyak-banyak. Aplagi intinya sih kan cuma pada “keahlian” dan “kemampuan”. Soo... yang harus lebih diperhatikannya ya itunya, hehe... Lalu darimana? Bagaimana? Berapa? Nah, saya udah pernah cerita (yang gak ditag, coba search di notes saya “Hanya Celotehan”) kalau saya mempergunakan seperempat bagian dari gaji saya di bulan januari buat awal modal usaha. (Berhubung jaganya full, jadi gajinya dua kali lipat, hehe.... ;p Alhmdulillah...) Kenapa seperempat? Ya soalnya yang lainnya dialokasikan buat hal yang lebih urgent. Itupun hanya menyisakan kurang lebih 50 ribu saja uang saya di dompet. Nekat yah saya? Haha... saya optimis ajah sama Allah (terlalu itu mah optimisnyaaa...) Saya cuma rasional sajah, toh selama saya di rumah, berarti pengeluaran saya buat makan, alat mandi dll, bisa berkurang, sooo menyisakan 50 ribu buat nanti kerja di klinik selama satu minggu lagih, terus abis gituh langsung gajian februari, so rasional kan? Hehe... Itu pemikiran saya pas pahit-pahitnya eni usaha ndak balik modalnya, haha... (PLAK! Dasor!)

Terus dipake apa jaah modalnya? Ya dipake buat beli bahan-bahan tentunya. Kalau alat, saya masih mempergunakan yang ada di rumah ajah, kek mixer (meskipun udah tampak tua, tapi masih dipake), oven (meskipun yang tradisional dan udah ringkih, tapi masih sangat bisa dipergunakan), dan beberapa properti caking lain yang masih ada di rumah. Tapi tetep saja sih, saya juga harus beli beberapa alat yang gak ada di rumah, kek beberapa loyang, cookies cutter, beberapa cetakan, paper cup, dan lain-lain laah pokoknya. Bahan-bahan yang bisa saya dapatkan di Majalengka, ya saya beli di Majalengka, kalau yang nggak, ya saya beli di Bandung sebelum saya pulang ituh. (saya telah merencanakan sebelumnya soalnyaaa... ;p) That’s all, saya optimis dan think positive ajah, kalaupun emang gak bisa balik modal bahkan profit, yawdah deh gak apa-apa kan masih bisa buat konsumsi keluarga saja. Buat alat-alat juga itung-itung nambah properti rumah, (hohow... sebegitunyaa... PLAK!)

KEEMPAT
Caking ini adalah hal yang masih sulit ditemui di kota saya. (Sebegitu kecilnyakah? No! Meskipun begitu saya cinta kota saya inih, sekarang banyak banget yang berubah, lebih Unyuuuu!!! ^^,) Meskipun ada, tapi hanya beberapa, kalau nggak ya susah dicari, harganya mahal, dan rasa yang tidak memuaskan! I Really hate that. Pernah kealamin sama saya, waktu itu saya lagi nyari blackforest sepulang dari Bandung, dan ituh sampe kukurilingan ke beberapa toko (itu juga cuma ada di beberapa) yang entah kenapa hari itu telah ludes semua, saya malah ditawarin cake lain yang dari tampilannya ajah udah gak mood buat beli... Hufftt... Finally dapet di swalayan terbesar dan kebanggaan kota Majalengka, dengan harga yang standar tapi rasa yang haduuuh standar pula, malah adik saya bilang, “mending bikin sendiri aja, Teh!” Pas waktu ituh saya tadinya mau kasih kejutan buat adik saya yang kebetulan milad minggu lalu. Tapi ya dia malah seneng sama kado dari saya dibanding kuenya, Heheu.. Back to topic, nah dengan dilatarbelakangi masih jarangnya hal itulah saya “nyoba” buat berani merintis hal itu. ;p

So, BAGAIMANA PROSESNYA?
Oke, saya mau cerita secara ringkasnya aja deh yaa.... ;p
Pertama kali tentunya saya mengkonsep kue apakah yang akan saya rintis ituh, dengan tentunya nyari di internet (soalnya hanya lewat internet saya bisa menjelajah di klinik, ;p). Saya jadi blog walker aktif, cari inovasi, liat kreatifitas orang, cari resep, cari kerasionalan cake (intinya, bisa nggak ya kalau fu bikin inih?) Lalu saya list alat-alat apa yang saya belum punya di rumah yang akan dibeli, list bahan-bahan yang dibutuhkan yang akan di beli di Bandung dan juga di Majalengka. Aselinya, emang ada beberapa bahan dan alat yang susaaaaaaaaaahhh (saking susahnya, lebay!) tepatnya gak ada di Majalengka, malah saya harus pusing nge-modif-nya gimana, tapi alhamdulillah bisa. So, pas tepat tanggal 10 februari saya pulang ke Majalengka, dan sebelumnya membeli alat dan bahan yang HARUS saya beli di BANDUNG, soalnya pastinya ndak ada kalo di Majalengka. (beneran aja lo, kalo pun ada ternyata lebih MAHIL! Haha... lebay, PLAK!) Saya juga sempet ke toko buku buat beli buku-buku resep (I Really love it!) selain beli buku yang laen, ;p.

Kesalahan fu pas belanja di Bandung ituh adalah ndak mikir kalau fu cuma punya tangan dua doank. Eh, itu belanjaannya bejibun, harus naik elf pula. Nah, alhamdulillahnya fu udah mengantisipasi itu, soalnya emang dianter sama salah satu saudara ibu (yang punya klinik) yang suka main ke klinik, yang emang baik banget (orang Majalengka juga, ;p) buat nganterin fu. Akhirnyaaa, fu gak kesulitan. Ya untuk ntarnya pas turun dari elf, tinggal calling papa ajah buat jemput. (huhu... asas manfaat, ya muw ke syapa lagiiih? Ehehe...) Alhamdulillah sampai dengan selamat.

Waktu saya cerita sama keluarga ingin coba usaha ini, mama sempet pesimis, beliau bilang gini : “Daripada dipakai buat usaha ini yang belum tentu untung ruginya, lebih baik ditabung saja!” Nah, yang begini kadang suka bikin down, dan menjadi kesalahan para orang-orang “Pemula” yang pengen nyoba bidang enterpreneur (Ceileeeee... udah kek motipator ajah nih fu! PLAK!) Tapi, saya coba buat ngeyakinin mamah, “Mama, ini kalau kita gak nyoba, darimana kita tahu bisa atau nggaknya? Lagipula ini kan uang teteh, ya gak apa-apa kalau rugi pun Teteh yang tanggung, mama doain aja ya!” Alhamdulillah akhirnya mama mengizinkan, dan mensupport penuh.

Langkah kedua saya setelah persiapan itu adalah tahap promosi. Saya coba bikin brosur SEMENTARA, meskipun gambarnya masih pakai yang dari internet, hehe... (Setelah saya bikin sendiri dan saya poto sendiri, saya mau buat versi brosur sendiri. ^^,) Dan membuat beberapa contoh sampel untuk diperlihatkan. Target awal saya adalah sekolah adik dan sepupu saya. Mereka adalah agen utama saya. Aselinya mereka semangat banget buat bantu saya, terlebih dari awal saya pun menjelaskan sistem kerjasamanya. Jadi, intinya mereka dapet 10% dari setiap pemasukan yang mereka hasilkan. Sistemnya kayak nabung, gituh. Mereka bisa ambil perminggu atau perbulan, katanya biar gak kerasa dan gak kepake kalau disimpen dulu di saya. Jadi setiap ada pesanan, mereka dapat 10% dari harga jualnya, mengerti? (alah... udah kek bu Guru nih, ;p) Daaaaan, percaya atau nggak, alhamdulillahnya responnya baik dan positif. ^^, Memang seiring berkembangnya teknologi, anak zaman sekarang ituh lebih gaul gitu loh, haha... Mungkin karena susah dan jarangnya “produk-produk” (alaaaahhh istilahna kagak nahan, hahay... PLAK!) yang saya tawarkan ituh ada di Majalengka. Haha...

Pasti pada mau tahu, apa aja sih produknya si Fu teh gitu? Hehe...
1.MUFFIN
What is a muffin? Percaya atau nggak, ternyata banyak orang Majalengka gak tahu apa ituh muffin. Ya Allah, sebegitunyakah? Heuheu... Jadi para agen saya itu menjual muffin di kelasnya. Responnya, positif! Suka! Bahkan kebanyakan berkomentar, “Enak, ini teh apa sih? Kue bukan, bolu bukan, brownies juga bukan!” Ya iya laaaah, muffin ya muffin... Nah, muffin ini jadi produk favorit setiap harinya yang dibawa adik dan sepupu saya. Rencananya, kedepannya mau nitipin ke kopsis sekolah adik saya juga... ^^,

: muffin vanilla with white chocolate topping

2. COKLAT PRALINE
Apa itu coklat praline? Dan sebagian besar orang Majalengka juga gak tahu coklat praline itu apa, hehe... Jadinya, saat promosi awal, banyak banget yang beli dan pesen si coklat yang dilelehin, diolah dan dicetak jadi lucu-lucu bentuknya. Aselinya, dari sini profitnya Alhamdulillah bisa besar, dengan harga yang terjangkau, disesuaikan sama harga pasaran orang Majalengka. Secara kalau liat para blogger mah harganya lebih mahal. Hehe... saya masih dalam tahap belajar, jadinya saya ambil untung yang gak terlalu besar. ^^, Masih tahap promosi juga soalnya...

: coklat praline salah satu pesanan... ^^,

3. COOKIES HIAS
Di Majalengka juga, belum terlalu ramai mengenai cookies hias ini. Jadi emang ada juga beberapa yang pesen. Soalnya cookiesnya alias kue keringnya bisa by request, apalagi bentuk dan warnanya lucu-lucu. Alhamdulillah juga ada yang berencana ingin pesen cookies hias ini buat souvenir pernikahan nanti pas Maret, hohow my first big project nih. Padahal ini tadinya guru adik saya gak sengaja liat brosur yang disimpen di salah satu meja, eh... gak tahunya beliau tertarik, walhasil selama ulangan adik saya diajak ngobrol mengenai rencananya untuk pernikahan anaknya, sementara temen-temennya asyik nyontek, “Teteh, Iya jadi korban, nih,” hehe... sabarlah... ^^,

: contoh cookies hias (karena baru punya cookies cutternya bentuk lope, ywdah jadinya bikin lope semuah, hehe...

4. CAKE
Pas pertama kali diperkenalkan muffin dan coklat praline (ini produk yang ditawarkan saat awal launching, ;p) udah ada yang nanya, “Bisa pesen kue tart, gak?” ke sepupu saya. Huwooo.... bisa beuuud... hehe... Dan dia juga pesan kue tart by request buat awal Maret juga, Hehe... Maret lagih! Padet nih, ;p Pokoknya, insya Allah aneka cake menerima pesanan deh, ;p Cupcakes, sponge cake, perboluan, macem2 deh (Gayanyaaa.... hehe... Intinya harus berani, sambil gak bosen-bosen buat belajar!)

Itulah beberapa produk yang saya rintis dan insya ALLAH kedepannya akan saya seriusi, (Ceileee....laganya, hehe.... PLAK!) Alhamdulillah modal saya yang seperempat gaji saya ituh sudah kembali semula, lho! Dan keuntungan yang didapat, sebagian saya simpan, sebagian saya jadikan modal lagih buat beli beberapa alat dan bahan juga, ;p Alhamdulillah, tepatnya sudah 10 hari saya di rumah, dan feel full colour, Alhamdulillah... I love Caking (alaah...alaaah....)

Hmm... Kok kayaknya gak ada hambatan sih? Eits jangan salah, usaha saya yang masih bisa dibilang merangkak inih penuh dengan intrik, (alah lebay... ;p) Saya juga mengalami masa-masa sulit, kegagalan bikin kue, dll... Bahkan sekarang pun masih saja terus menerus belajar. Insya Allah nanti saya ceritakan di part 2, nya. Yang eni udah kepanjangan, hehe... (itu juga kalo masih mau dengerin!)

Afwan ya kepanjangan... ;p

Sore yang cantik,
Februari 2011

: ini coba-coba hias cookies hias... ^^,

NB : notes ini request, tadinya merasa belum layak cerita, apalagi masih merangkak ginih. Jadi, kalau ada yang gak mau di tag, gak apa2 rimop ajah. Hehe... Tapi, Wallahi, saya cuma mau berbagi cerita, dan yang paling penting, Mohon doanya yaaaaa.... ^^,

#Aa, fu baru posting ini tadi soreee... this is my new project... Aa nanti yang moto2in yah, hehe... atau kalau nggak jadi taster pertama... hehe... ;p

0 komentar: