Kamis, 25 November 2010

Masak Lagi ^_^

Assalamu'alaikum wr wb...

Fu lupa cerita kalau kemarin fu masak lagi... PLAK! (Nimpukin tangan kanan ke jidat!) Maklumlah Fu emang rada pelupa, hajjjuuhh kata masih muda, tapi udah pikun gini... ckckck.... Kemarin kan si mama lagi gak enak badan. Terus akhirnya fu menawarkan diri untuk memasak buat makan malam kemarin. Semuanya. Pokoknya menu apa yang dibuat diserahkan sama fu. Fu hanya memanfaatkan beberapa bahan yang mama beli di pasar sepulang dari kantor, dan juga beberapa bahan yang ada di lemari es. Sebelumnya fu emang pesen sama mama kalau fu pengen bikin tahu isi "jablay" yang ternyata segede gaban (Gaban apaan sih? sebenernya gak tw juga apa itu gaban, fu ngikut kata orang ajah, haha...) Pembuatan tahu itu terinspirasi dari tahu isi pedes yang kata si Mamang-nya namanya tahu jablay, yang suka fu beli di daerah deket klinik tempat fu kerja. Asli emang gede banget tuh tahu! Makan satu ajah lumayan kenyang. Nah, berbekal dari hanya penelitian dengan merasakan tahu pedas itu, hasil analisis fu membutktikan (gayanya kaya sinichi lagi mikir, PLAK! doeng...doeng... timpukin! Ha...) bahwa membuat tahu Jablay itu sangatlah mudah sekali. 

Dan tahukah kamu, bahwa semua keluarga fu sukaaa dengan rasa "jablay" yang tersaji dari tahu jablay buatan fu. Asli pedes! Asli kenyang! Dan so pastinya Asli enak (bukan si Imung gembul tapinya hehe...) Ah, sayangnya gak sempet fu potooo :-( padahal pngen fu pajang di sini. Apalagi si papah sukaaa banget hheu.... secara beliau memang penyuka makanan pedas. That's very simple resep (haha... campur2 bahasanya...) Yang paling penting itu adalah bagaimana menumis untuk "isi" dari tahu pedas, dan mengolah si tepung terigu buat melapisi seluruh tahu. Nah, isi tumisannya gampang saja, hanya irisan wortel, tauge, mie, daun bawang dan ditambah racikan bumbu yang pastinya pake cabe rawit biar pedeeess (untuk bumbu fu mau rahasiakan aja yaa....). Lalu masukan isi tumisan pada tahu yang sudah dilubangi (maksudnya dibelah, tapi jangan sampe kebagi jadi dua, hhe..) lalu celupkan pada adonan terigu yang telah diberi telur dan daun bawang, dan goreng sampai berwarna kecoklatan.Jadiii....Horay, menu coba2-nya berhasil!!!

yang ini gambarnya ngambil dari Abah google.. ya mirip-mirip seperti ini laahh... banget miripnya kok.. hehe... 

Selain memasak tahu isi, fu juga memasak mie warna warni ala chef "Fu Queen" (jreng..jreng..jreng... teroret tot teeett... PLETAK..PLETUNk.... Wadawh...!!! Fiuuwwhhh...) Pokoknya jadinya Bukan Mie biasaaa pokoknya... hheu.... buat jadi temen nasi... ^_^ 

Nah, menu coba-coba selanjutnya adalah kue dorayaki yang terinspirasi guru saya yaitu Chef Farah Queen, (horaaay... prok..prok..prok.... huaaaa.....) Karena fu juga ingin ada hidangan yang manis-manisnya soalnya buat berbuka puasa fu dan mama, jadinya buatlah kue dorayaki, tapi ini versi basahnya, bukan dorayaki versi kering.... Bahannya mudah saja, hanya terigu, ttepung, gula, telur, mentega yang dilumerkan dulu lalu diaduk, lalu dipanggang sambil ditaburi meses, dan hiasi dengan susu coklat di atasnya. Beuuhh mantep deehh...!!! Asli enaaakkk... Mama, Papa, Ia, Dede, sukaaa semua, bahkan katanya pengen nambah lagiiii... Hehehe... Pantas sajah yah si doraemon suka sekali kue dorayaki, da enak.. Hehe... Horay! Berhasil lagih!!!



Kemarin nikmaat sekali makannya.... "Maka Nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan?" Selain emang bareng2 kumpul sekeluarga, ditambah lagi itu makanan hasil masak sendiri.. Huu bangganya laur biasa.... Kepake juga ternyata, padahal udah lama gak diamalkan hobinya.... :-( Alhamdulillah udahnya nikmat buka shaum sama es dawet, terus juga disusul kue dorayaki basah, lalu makan tahu jablay dan makan tempe goreng  dengan mie warna warniii ditambah sambel kecap pedas racikan sendiri.... euh... kalau kata Pak Bondan mah "Mak-Nyus" hahaha.... (iya gituh? kamu aja kali yg bilang fu, hehe... nggak kok beneran, semuanya bilang gitu!!! ^_^)

Dan hari ini, rencananya fu juga disuruh masak lagi. Asyiiik....asyiiikkk... mau berkreasi lagi buat memanfaatkan bahan yang ada. Meski sampe sekarang fu juga masih bingung mau masak apa ya kira2? Soalnya si mamah kehujanan, jadi gak bisa ke pasar, jadinya harus memanfaatkan bahan yang ada di lemari es saja... Hmmm.... fu janji untuk yang sekarang ini mah insya ALLAH mau fu poto dehh heu...

Doakan yaaa... bentar lagi fu mau masak.... ^_^ See yaa tar malem yaaa...

0 komentar: